Beranda
Berita
Mengapa Ubi Jalar Ungu Berbeda dengan Ubi Lain?

Mengapa Ubi Jalar Ungu Berbeda dengan Ubi Lain?

Jakarta, CNN Indonesia -- Ubi jalar ungu merupakan makanan kaya karbohidrat yang dapat menjadi pengganti nasi. Banyak orang beranggapan ubi jalar ini sama aja dengan ubi jalar lainnya. Namun tahukan kalian bahawa ubi jalar ungu memiliki manfaat lebih banyak dibandingkan jenis ubi jalar lainnya? 

Ubi jalar ungu mengandung lisin, Cu, Mg, K, Zn rata-rata 20 persen. Dia juga merupakan sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Ditambah dengan sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin. Sedangkan mineral dalam ubi jalar diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca). 

Pada ubi jalar ungu juga terkandung pigmen antosianin yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Antosianin berfungsi sebagai komponen pangan sehat dan paling kompleks. Antosianin pada ubi ungu bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menyerap polusi udara, oksidasi dalam tubuh dan menghambat penggumpalan darah sehingga kesehatan aliran darah lebih lancar. 

Sekelompok Antosianin yang tersimpan dalam ubi jalar mampu menghalangi laju perusakan sel radikal bebas akibat nikotin, polusi udara dan bahan kimia lainnya. Antosianin berperan dalam mencegah terjadinya penuaan, kemerosotan daya ingat dan kepikunan, polyp, asam urat, penderita sakit maag (asam lambung), penyakit jantung koroner, penyakit kanker dan penyakit-penyakit degeneratif, seperti arteosklerosis. 

Selain itu, antosianin pada ubi jalar ungu juga memiliki kemampuan mencegah gangguan pada fungsi hati, antihipertensi dan menurunkan kadar gula darah (antihiperglisemik). Hampir semua zat gizi yang terkandung dalam ubi jalar ungu mendukung kemampuannya memerangi serangan jantung koroner.(ded/ded)

Sumber : "http://student.cnnindonesia.com/edukasi/20170602141550-445-218897/mengapa-ubi-jalar-ungu-berbeda-dengan-ubi-lain/"

Website Terkait

E-Journal Akademi Kebidanan Sari Mutiara

Jurnal Maternal dan Neonatal berisikan artikel terkait  kajian keilmuan kebidanan (midwifery) dan Pelayanan kebidanan (midwifery)

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

Sistem Informasi Akademik adalah untuk mengelola seluruh transaksi-transaksi akademik mulai dari Penerimaan Mahasiswa Baru Sampai dengan Alumni.

LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)

Website LPPM sebagai sarana untuk publikasi Jurnal-Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademik Kebidanan Sari Mutiara.

Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Menjadi Sarana Bagi Calon Mahasiswa yang dilakukan secara online.

Testimonial

Statistik Pengunjung

Pengunjung Hari Ini:3
Pengunjung Kemarin:14
Pengunjung Bulan Ini:106
Total Pengunjung:16434
Pengunjung Online:1
Total Hits:58509