Beranda
Berita
Tips Jaga Kelembapan Rambut Wanita Berhijab

Tips Jaga Kelembapan Rambut Wanita Berhijab

Jakarta, CNN Indonesia -- Kebanyakan perempuan menilai rambut adalah mahkota berharga yang perlu untuk dijaga. Maka itu, banyak perempuan yang berusaha keras untuk membuat rambutnya sehat dan tidak kering.

Hal itu juga tentu saja dirasakan oleh perempuan berhijab. Meski rambut mereka tidak tampak dari luar tetapi, rambut yang sehat dan indah pasti sangat didambakan.

Sebenarnya, perawatan rambut untuk perempuan berkerudung lebih rumit. Rambut yang ditutupi oleh kain seringkali membuatnya menjadi rontok. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga rasa gatal di kepala akan datang saat beraktifitas.

Dilansir dari berbagai sumber, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan oleh wanita berhijab untuk menjaga kesehatan atau kelembapan rambut.

1. Keramas teratur

Keramas dengan teratur tentu dapat menjaga kelembapan rambut. Kegiatan membasahi rambut dengan sampo itu dapat dilakukan setiap dua atau tiga hari sekali.

Penggunaan sampo untuk keramas juga harus disesuaikan dengan tipe rambut. Akan lebih baik jika sampo juga sudah dilengkapi dengan vitamin dan masker rambut.

Namun, seseorang juga dapat menggunakan hair tonic setelah keramas. Tujuannya adalah untuk memperkuat akar rambut.

2. Creambath

Untuk melembapkan rambut, seseorang dapat melakukannya dengan creambath. Biasakan, creambath dilakukan dalam waktu satu kali seminggu.

Bukan hanya rambut yang segar tetapi kepala pun akan akan ikut rileks. Creambath memang biasa dilakukan di salon dengan mengoleskan krim berbagai rasa seperti alpukat, stroberi, wortel, coklat, lidah buaya dan lainnya. 

Biasanya, penata rambut akan memijat kepala usai krim dioleskan. Selain untuk krim meresap dalam rambut, hal itu supaya syaraf-syaraf tegang di kepala dapat mengendur.

Selain creambath, Anda juga dapat menggunakan minyak kemiri. Minyak tersebut diketahui dapat menangani masalah seperti rambut rontok dan rambut kering. Anda dapat menggunakan minyak kemiri sebelum mandi atau menjelang tidur.

3. Bahan jilbab

Perempuan berkerudung biasanya akan mendapati rambutnya sering rontok atau lepek. Faktor utamanya biasa disebabkan oleh keringat yang menumpuk pada kulit kepala.

Untuk menghindari hal tersebut, perlu diperhatikan bahan kerudung yang hendak digunakan. Tentu saja bahan katun menjadi salah satu yang direkomendasikan karena kemampuannya menyerap keringat.

Selain itu, perempuan juga tidak perlu menggunakan jilbab dengan banyak lapisan. Terlalu banyak lapisan dapat menghambat sirkulasi udara di sekitar kepala. Kurangnya sirkulasi udara dapat membuat rambut menjadi lepek dan mudah patah.

4. Tunggu rambut hingga kering

Seseorang akan lebih bijaksana jika menggunakan jilbab saat rambut telah kering usai keramas. Tanpa disadari, menggunakan jilbab saat rambut masih basah akan memicu kerontokan rambut, ketombe, gatal-gatal dan bau apek.

5. Ikatan rambut

Perempuan dengan rambut panjang biasanya akan menguncir atau mengikat rambutnya sebelum menggunakan jilbab. Meski demikian, Anda tidak dianjurkan untuk mengikat rambut terlalu kencang.

Ikatan yang terlalu kencang dapat membuat rambut Anda mudah patah atau bercabang. Ketika aktivitas sudah selesai dilakukan, Anda bisa melepaskan jilbab dan ikatan rambut. Hal itu penting dilakukan supaya rambut dapat beristirahat dan bernafas. Mengistirahatkan rambut dinilai dapat mengurangi kerontokan dan ketombe pada kulit kepala.

6. Makanan bernutrisi

Perawatan rambut tidak hanya datang dari luar tetapi juga dari dalam. Hal tersebut seringkali dilupakan oleh para perempuan.

Anda dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin C, vitamin E dan protein. Biasanya, makanan itu terdapat pada sayuran hijau dan buah-buahan.

7. Pilih jilbab berwarna terang

Tidak hanya bahan yang berpengaruh pada kesehatan rambut. Perempuan juga harus memperhatikan warna jilbab sebelum digunakan.

Warna jilbab yang terang seperti putih, pink, biru langit atau hijau dapat menjadi pilihan yang tepat ketika berhadapan dengan cuaca yang panas. Pilihan warna tersebut dapat memberikan kesejukan pada rambut karena tidak langsung menyerap sinar matahari.

Sedangkan untuk jilbab berwarna hitam mungkin dapat dijadikan pilihan ketika malam hari. (SYS)

Sumber : "http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170605150020-282-219565/tips-jaga-kelembapan-rambut-wanita-berhijab/"

Website Terkait

E-Journal Akademi Kebidanan Sari Mutiara

Jurnal Maternal dan Neonatal berisikan artikel terkait  kajian keilmuan kebidanan (midwifery) dan Pelayanan kebidanan (midwifery)

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

Sistem Informasi Akademik adalah untuk mengelola seluruh transaksi-transaksi akademik mulai dari Penerimaan Mahasiswa Baru Sampai dengan Alumni.

LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)

Website LPPM sebagai sarana untuk publikasi Jurnal-Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademik Kebidanan Sari Mutiara.

Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Menjadi Sarana Bagi Calon Mahasiswa yang dilakukan secara online.

Testimonial

Statistik Pengunjung

Pengunjung Hari Ini:3
Pengunjung Kemarin:14
Pengunjung Bulan Ini:106
Total Pengunjung:16434
Pengunjung Online:1
Total Hits:58499