• Tujuan
  • Sasaran
  • Strategi
 Tahapan pencapaian
2016 2017 2018 2019 2020 2021
  • Menghasilkan ahli madya kebidanan yang unggul dalam asuhan kebidanan fisiologis, berjiwa nasionalisme dan menguasai IPTEK.
  • Tersusun dan terlaksananya kurikulum berbasis kompetensi berdasarkan KKNI dan Kurikulum Nasional
  • Workshop penyusunan kurikulum
  • Penyusunan dan pengesahan kurikulum baru
  • Sosialisasi kurikulum
  • Pelaksanaan kurikulum baru
 
  • Lokakarya implementasi kurikulum
  • Melengkapi dan menyempurnakan modul dan SAP
  • Melengkapi dan menyempurnakan sumber belajar.
  • Workshop pengembangan metode pembelajaran SCL
  • Pelatihan pembuatan soal ujian (item development)
  • Pelaksanaan metoda ujian praktik OSCA
100% 100% 100%
  • Evaluasi dan peninjauan kurikulum
  • Pelaksanaan ujian praktik dengan metoda OSCE
  • Mengikuti pelatihan OSCE
  • Workshop OSCE
  • Pelatihan Kurikulum OSCE
  • Pelaksanaan ujian praktik OSCE
  • SDM yang unggul
  • Dosen berpendidikan S3
 

30% 30% 30% 30%
  • Dosen memiliki kepangkatan minimal lector
16% 28% 80% 100% 100% 100%
  • Dosen memiliki sertifikat (serdos)
16% 28% 80% 100% 83% 100%
  • Tenaga kependidikan memiliki jenjang minimal S1
84% 84% 84% 100% 100% 100%
  • Sarana dan prasarana
  • Perpustakaan yang representatif (ketersediaan buku sesuai dengan kebutuhan)
90% 90% 90% 100% 100% 100%
  • Perpustakaan dengan e-book
e-book =10 e-book =10 e-book =10 e-book =12 e-book =14 e-book

=16

 

  • Perpustakaan dengan e-journal
e-journal=6

 

e-journal=6

 

e-journal=6 e-journal=8 e-journal=10 e-journal=12
  • Prosiding
2 2 4 6 8 10
  • Majalah ilmiah populer
1 1 3 5 6 7
  • Bandwidth internet.
5 MB 10 MB 10 MB 20 MB 25 MB 25 Mb
  • Rasio alat laboratorium dan mahasiswa
1:8 1:8 1:8 1:8 1:8 1:8
  • Mahasiswa dan lulusan
  • Rata-rata IPK lulusan ( >3.50)
  18 % 49 % 55 % 70 % 80 % 100 %
  • Hasil Uji Kompetensi Nasional
90% 100% 100% 100% 100% 90%
  • Mahasiswa lulus tepat waktu
100% 100% 100% 100% 100% 100%
 

  • Menghasilkan ahli madya kebidanan yang mampu memberikan asuhan kebidanan fisiologis secara efektif, aman, holistik, komunikatif dan sebagai penggerak serta pengelola dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak.

 

 

  • Pelaksanaan proses pembelajaran berorientasi pada kompetensi dan keunggulan asuhan kebidanan fisiologis.
  • Pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum dan kompetensi lulusan.
100% 100% 100% 100% 100% 100%
  • Penegakan disiplin bagi dosen dan mahasiswa.
80% 90% 100% 100% 100% 100%
  • Mempersiapkan lahan praktik yang mengacu kepada asuhan kebidanan fisiologis
80% 90% 100% 100% 100% 100%
  • Mendampingi mahasiswa dalam menerapkan praktik asuhan kebidanan fisiologis
80% 80% 100% 100% 100% 100%
  • Mempersiapkan kemampuan mahasiswa dalam memberikan asuhan persalinan terstandar
1x 1x 1x 1x 1x 1x
  • Pelatihan Contraception Technology Uptodate bagi mahasiswa semester enam
1x 1x 1x 1x 1x 1x
  • Workshop asuhan kebidanan fisiologis bagi mahasiswa
1x 1x 1x 1x 1x 1x
  • Menghasilkan produk penelitianguna meningkatkan mutu pelayanan kebidanan dan ilmu pengetahuan kebidanan dalam bidang asuhan kebidanan fisiologis

.

  • Dosen melaksanakan penelitian ilmiah dalam bidang asuhan kebidanan fisiologis
  • Workshop penelitian ilmiah dosen
1x 1x 1x 1x 1x 1x
  • Dosen melaksanakan penelitian 2 kali dalam setahun sesuai dengan Statuta Akbid Sari Mutiara
100% 100% 100% 100% 100% 100%
  • Dosen mampu memenangkan hibah penelitian
  • Pelatihan penulisan proposal hibah penelitian
1 x 1x 1x 1 x 1x 1x
  • Peningkatan dosen memenangkan hibah penelitian setiap tahun
30% 30% 30% 50% 50% 65%
  • Biaya penelitian oleh akademi
Rp 3 juta/ penelitian Rp 4 juta/ penelitian Rp 5 juta/ penelitian Rp 5 juta/ penelitian Rp 5 juta/ penelitian Rp 5 juta/ penelitian
  • Menghasilkan publikasi karya ilmiah penelitian di jurnal lokal, nasional, internasional dan terakreditasi
  • Dosen mampu menulis karya ilmiah pada jurnal lokal
100% 100% 100% 100% 100% 100%
  • Dosen mampu menulis karya ilmiah pada jurnal kesehatan terakreditasi
15% 30% 30% 50%
  • Dosen mampu menulis karya ilmiah pada jurnal internasional
15% 15% 30% 30% 50%
  • Penerbitan jurnal kebidanan
  • Pelatihan pembuatan jurnal kebidanan
1x 1x 1x 1x 1x 1x
  • Penerbitan jurnal kebidanan ter akreditasi per tahun
1x 1x 1x 1x
  • Penerbitan e-jurnal kebidanan per tahun
1x 1x 1x 1x
  • Dosen mampu memperoleh HKI dari hasil penelitian
  • Menyelenggarakan pelatihan strategi mendapatkan HKI
1x 1x 1x 1x
  • Persentasi dosen memperoleh HKI
18% 27% 27% 50%
  • Menghasilkan produk layanan kepada masyarakat sebagai aplikasi hasil penelitian, dan mampu mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait asuhan kebidanan fisiologis
  • Dosen mampu menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat
  • Kebijakan mewajibkan setiap dosen melaksanakan pengabdian masyarakat, 1 (satu) setiap tahun
100% 100% 100% 100% 100%
  • Melaksanakan pelatihan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa
1x 1x
1x 1x
  • Dosen mampu memperoleh hibah pengabdian masyarakat
  • Perolehan hibah pengabdian masyarakat dari institusi
100%
  • Memperoleh dukungan dana pengabdian masyarakat dari luar institusi
  • Publikasi hasil pengabdian masyarakat dosen pada jurnal ilmiah
  • Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat 1 kali per tahun
  • Publikasi hasil pengabdian masyarakat pada jurnal
  • Setiap kegiatan pengabdian diterbitkan di website
  • Menghasilkan kerjasama produktif dengan institusi pendidikan dan kesehatan serta masyarakat dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  • Terciptanya kerjasama dengan institusi pendidikan dan kesehatan dalam negeri
  • Kerjasama dengan asosiasi institusi pendidikan dalam negeri
  • Terciptanya kerjasama dengan institusi pendidikan dan kesehatan luar negeri
  • Kerjasama dengan institusi pendidikan luar negeri
1 2 2 3 4
  • Terciptanya kerjasama dengan institusi kesehatan
  • Kerjasama dengan RS
4 5 5 5 5
  • Kerjasama dengan Puskesmas Kota Medan
4 4 4 4 4